Rabu, 02 November 2016

Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Sosial Media

Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Sosial Media

Traffic blog tidak hanya dilihat dari besarnya angka. Yang perlu kita ingat adalah, traffic blog menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi dan menikmati blog kita. Jika traffic kita meningkat, artinya pembaca artikel kita pun bertambah banyak. Biasanya, seseorang akan membaca sebuah blog atas rekomendasi dari mesin pencarian. Maka banyak blogger menerapkan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan trafficnya. Dengan SEO yang memadai, sebuah blog akan terindex oleh google ketika sebuah kata kunci yang sesuai dimasukkan. Akhirnya, blog berada di halaman awal pencarian dan pengunjung blog pun akan melimpah.

Namun bagi saya yang merupakan blogger pemula, SEO bukanlah hal yang mudah dilakukan dalam waktu singkat. Jika menunggu dari mesin pencari, sulit sekali rasanya akan mendapatkan pengunjung blog. Tetapi teman-teman blogger pemula jangan khawatir. Sambil belajar SEO, kita bisa menarik pengunjung blog dengan jalan lain. Kita gunakan social media. Mari..


Hari ini saya akan berbagi cara meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan sosial media. Kita tahu, saat ini sosial media sudah menjadi kebutuhan banyak orang dari berbagai kalangan. Apa salahnya kita manfaatkan ini untuk mengajak mereka mengunjungi blog kita. Bagaimana caranya? Ada beberapa media sosial dengan banyak sekali pengguna. Jenis media sosial seperti inilah yang akan kita manfaatkan untuk meningkatkan traffic/jumlah pengunjung blog kita.



Sebelum kita menuju berbagai jenis social media, perhatikan dulu blog kita dan isinya. Pastikan artikel yang kita posting bermanfaat dan akan menginspirasi pembacanya. Buatlah blog kita nyaman bagi pengunjung. Lengkapi blog dengan tombol share, sehingga akan memudahkan pembaca jika ingin membagikan tulisan kita kepada teman-teman di media sosialnya. Ini akan sangat menguntungkan. Selanjutnya, cantumkan alamat blog kita pada profil dan biodata di media sosial milik kita seperti facebook, twitter, instagram, dsb.
Oke, setelah itu mari kita mulai manfaatkan berbagai media social yang kita miliki.

1. Facebook
Facebook adalah media social dengan pengguna terbanyak di dunia. Pasti teman-teman punya facebook kan yaa. Bahkan anak-anak SD pun sekarang sudah punya facebook.

Ada banyak fitur facebook yang dapat kita gunakan untuk menarik pengunjung blog :
- status
Setelah posting artikel baru, bagikan alamat url artikel melalui status fb. Sertai beberapa keterangan mengenai artikel tersebut. Buat kalimat-kalimat menarik yang akan menggoda teman-teman facebook kita untuk membaca artikel selengkapnya. Ketika akan update status tsb, perhatikan berapa banyak teman yang online. Usahakan kita update status ketika banyak teman yang sedang online, sehingga akan lebih banyak yang melihat status kita. Peluang blog kita dikunjungi pun akan semakin besar.
- catatan
Buatlah sebuah catatan/note di facebook. Catatan berisi seputar blog kita, lalu jangan lupa sertakan alamat blognya. Yang pasti, buat kata-kata yang bagus sehingga orang akan penasaran kemudian mengunjungi blog kita setelah membaca catatan tsb di facebook.
- group dan fans page
Kita bisa membuat fanspage sendiri dan mengundang teman-teman untuk bergabung. Kalau saya belum membuat fanspage atau grup sendiri untuk blog ini. Saya masih bergabung dengan berbagai grup dengan tema yang sama dengan blog saya. Di sana kita bisa saling berbagi informasi dan mempromosikan blog kita.

2. Twitter
Twitter juga media sosial dengan pengguna yang banyak. Dan katanya, pengguna twitter adalah orang-orang gaul dan pinter. Katanya sih.. hehe


Jika kita punya banyak follower, itu akan sangat menguntungkan. Buatlah tweet seputar blog kita, atau beberapa informasi terbaru yang kita update di blog kita. Dengan begitu follower kita akan tertarik untuk membaca apa yang kita posting di blog.

3. Google plus


Bagi blogger yang menggunakan platform blogspot, biasanya dia akan langsung terhubung dengan akun google plus. Ada fitur share dan grup/comunity di google plus. Intinya, bagikan artikel terbaru kita melalui google plus. Ikuti comunity dengan tema atau hobi yang sama dengan isi blog kita. Beritahu para anggota comunity ketika kita posting artikel baru. Jangan lupa aktifkan fitur automatically share after posting, sehingga artikel kita otomatis muncul pada profil google plus saat kita posting artikel baru. Caranya, klik google plus di dashboar, lalu centang kotak "automatically share after posting"

Begitulah cara yang saya gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog ini. Cukup sekian cara meningkatkan traffic blog dengan menggunakan media sosial. Silahkan dipraktekkan, terbukti efeknya lho.. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar