Rabu, 02 November 2016

Fakta Media Sosial Indonesia

Fakta Media Sosial Indonesia

Siapa yang tidak punya media sosial? Kalau anda tidak punya media sosial, mungkin anda tidak akan membaca artikel ini. Sebab sebagian besar orang yang mengakses internet mempunyai media sosial. Bahkan, 6 dari 10 orang menggunakan internet untuk membuka media sosial. Sebagai pengguna media sosial, tidak ada salahnya kita tahu beberapa hal mengenai media sosial Indonesia.
1. Indonesia menempati peringkat ke-5 di dunia dengan pengguna twitter paling banyak. Indonesia berada di nomor 5 setelah Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Inggris. Saat data ini diluncurkan, pengguna twitter telah mencapai 29.000.000, dan pastinya akan terus bertambah.

2. Sekitar 2,5 % jumlah tweet dari seluruh dunia berasal dari pengguna twitter yang ada di Jakarta. Ada banyak sekali tweet yang dihasilkan di seluruh dunia. Semua tweet dikumpulkan dan digunakan sebagai bahan penelitian. Jumlah kicauan para pengguna twitter telah mencapai milyaran. Mungkin karena banyak sekali orang yang sering sekali berkicau. Mungkin termasuk saya juga.. hehe

3. Pengguna facebook di Indonesia lebih banyak laki-laki, yaitu 59 % dan sisanya 41 % adalah perempuan. Setidaknya tercatat ada 47 juta pengguna facebook di Indonesia.

4. Ada banyak jenis media sosial selain facebook dan twitter, tetapi keduanya adalah yang paling populer. Beberapa media sosial lain yang sedang ngetren adalah instagram, soundcloud, dan path.

Oke, sekarang mari kita bahas sisi lain dari media sosial :

1. Media sosial telah menjadi tren, tidak hanya bagi anak muda, tetapi dari semua umur. Anak-anak SD sampai yang sudah dewasa memiliki facebook. Seperti bisa dibilang, gak punya sosial media berarti tidak mengikurti perkembangan jaman.

2. Media sosial banyak sekali manfaatnya. Dengan adanya media sosial ini, kita difasilitasi untuk saling berkomunikasi tanpa terkendala oleh jarak. Tidak hanya untuk komunikasi, kini media sosial sudah menjadi media kreatifitas. Banyak sekali seleb media sosial. Ada yang terkenal dengan karya berupa tulisan atau kicauan, ada yang terkenal dengan bakat fotografi, dan masih banyak lagi bakat yang tersalur melalui media sosial.

3. Media sosial kini menjadi salah satu jurus jitu para pelaku bisnis. Betapa tidak, dengan banyaknya pengguna media sosial akan semakin memudahkan untuk promosi. Maka tidak heran kalau di mana-mana banyak iklan dalam situs media sosial.

4. Perilaku para pengguna media sosial banyak sekali, berbeda-beda, dan pastinya unik. Ada yang bijaksana, ada yang alay, ada yang asik, ada yang pintar, dan masih banyak lagi. Watak seseorang bahkan bisa dibaca dari media sosial yang dia miliki. Kenapa? Karena banyak orang menumpahkan pikiran dan perasaannya lewat media sosial. Akan terbaca bukan, bagaimana cara berpikir orang tersebut?

5. Banyak teman dan bahkan pacar bisa didapatkan dalam media sosial. Kita akan bertemu dengan banyak sekali pengguna media sosial. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman jauh, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat mencari teman baru, bahkan mencari jodoh. Ada berapa banyak teman yang kalian punya di media sosial? Berapa orang yang benar-benar kalian kenal dan sudah kalian temui dari mereka?

6. Satu orang tidak akan cukup hanya memiliki satu jenis media sosial. Biasanya orang akan memiliki beberapa media sosial, minimal dia punya facebook dan twitter. Tidak hanya itu, orang-orang hobi sekali mengkoleksi akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, soundcloud, path, tumblr, dsb.

7. Kebiasaan banyak orang untuk selalu memberitakan apa yang dia rasakan dan dia alami di media sosial. Apapun yang terjadi difoto dan diceritakan. Tapi kita tidak boleh lantas langsung menyebutnya alay ya. Inget kan yg pertama kali mau makan difoto dulu terus diupload siapa? *iklan* hehehe.. Ada juga yang patah hati, yang sedih, yang disakiti, semua ditulis. Tetapi tidak apa-apa, namanya juga ekspresi.
8. Banyak manfaat, tapi pasti ada juga kerugiannya. Banyak orang tidak bisa terlepas dari media sosial. Tidak bisa sehari tanpa membukanya. Meski tidak update, tetapi yang penting membuka dan melihat apa yang terjadi. Stalking lah, biar gak ketinggalan berita. Kadang dengan adanya media sosial, membuat kita justru melupakan lingkungan sosial yang nyata. Sedang berkumpul dengan banyak orang, tetapi justru berkomunikasi dengan orang lain yang jauh lewat media sosial. Ini mengakibatkan tumbuhnya sikap "cuek" terhadap lingkungan dan sesama. 

9. Banyaknya waktu yang tersita untuk bermesos akan mengurangi waktu produktif kita. Ketika ada banyak hal positif yang dapat kita lakukan, tetapi justru lebih asik bermain media sosial. Akibatnya ya mungkin banyak baktu yang akan sia-sia terbuang.

Itulah beberapa fakta mengenai media sosial dan para penggunanya. Semoga bermanfaat dan membuat kita untuk dapat bijaksana menggunakan fasilitas dan kemudahan yang ada. Jangan sampai kemudahan yang disediakan justru membuat kita lupa diri akan hal lain yang lebih penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar