Rabu, 02 November 2016

Cara Translete Subtitle Menjadi Bahasa Indonesia

Cara Translete Subtitle Menjadi Bahasa Indonesia

Pasti sering kan ya, nonton film luar. Dengan bahasa asing, maka kita perlu subtitle agar bisa paham sama isi film nya. Subtitle berbahasa Indonesia bisa kita dapatkan dari berbagai situs, tinggal googling aja.. Nanti dikasih tau situs-situs yang menyediakan subtitle film asing dalam bahasa Indonesia.

Tapi.. Kalau udah ngaduk-aduk hasil pencarian google dan gak dapet subtitle dalam bahasa Indonesia? Adanya subtitle bahasa Inggris atau bahasa lain yang gak kita mengerti?
Tenang aja karena saya akan berbagi tips untuk mengubah atau mentranslete subtitle ke dalam bahasa Indonesia, atau ke bahasa-bahasa lainnya.

Cara ini cukup mudah, karena tidak perlu mengubah file srt menjadi txt, lalu menterjemahkan dan mengubahnya menjadi srt lagi. Atau tidak perlu juga pengaturan-pengaturan file pada PC kalian.
Cukup dengan gunakan software Subtitle Editor, maka dia akan mentranslete subtitle kita ke dalam bahasa yang kita inginkan. Untuk mendapatkannya, silahkan download DI SINI

Setelah selesai di download, install dulu softwarenya, lalu buka subtitle editnya.

Pilih file, lalu open. Tinggal cari aja di mana kita menyimpan file srt (subtitle) yang akan kita terjemahkan.

Subtitle sudah terbuka, dan sekarang kita bisa mengeditnya. Untuk menterjemahkan, klik auto-translete, lalu pilih yang translete (powered by google translete)



Maka akan muncul tab baru. Nah silahkan diatur bahasa yang akan dituju, contohnya dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia, kemudian klik translete. Tunggu sampai proses penerjemahan selesai, setelah itu klik OK.



Subtitle sudah berubah bahasa, selanjutnya tinggal disave, dengan klik file, kemudian save as untuk menyimpannya sebagai file baru.
Proses penerjemahan sudah selesai kita lakukan. Tapi kalau saran saya, buka lagi file srt hasil editan kita tadi, lalu dicek lagi. Karena ini proses translete otomatis, jadi mungkin ada beberapa kata yang agak ngawur atau kurang pas artinya. Maka dari itu, bolehlah diedit manual lagi beberapa yang mungkin kurang pas. Tapi kalau males juga gausah sih, yang penting ngerti kan ya maksud dan artinya.

Hari ini cukup sekian, semoga bermanfaat ya. Terimakasih, have a nice day teman-teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar